Diskusi Kemerdekaan

Setiap menjelang hari kemerdekaan, saya selalu teringat saat masih dikampus dengan seorang teman saya Insan Kamil namanya . Kesehariannya teman saya ini orangnya sangat kocak, tak pernah marah dan hanya berdebatlah yang membuat dia sangat SERIUS, Pada sebuah acara Seminar dengan tema "Diskusi Kemerdekaan" dimana pada saat itu hampir semua peserta termasuk Nara sumber begitu sangat mengagungkan arti kemerdekaan yang direbut dari penjajah secara susah payah, dan dia berani tampil beda.
" Menurut Saya" Katanya " Kemerdekaan Indonesia bukanlah di dapat dari hasil DIREBUT dari Penjajah, tapi Justru di dapat sebagai HADIAH dari Penjajah". pada saat itu aura diskusi menjadi panas, banyak yang marah dan aneh dengan pendapat kawan saya tadi : "Apa alasan saudara dengan pernyataan tadi..??" tanya seorang peserta, dengan penuh keyakinan dan percaya diri teman saya menjawab : " karena, Menurut saya Bangsa Indonesia suka di Jajah, Bayangkan Belanda bisa memerintah selama 350 tahun dan jepang 3,5 tahun itu adalah waktu yang sangat lama sekali hampir 4 generasi...Sungguh Terlalu.
Seminar berakhir dengan kesimpulan bahwa Kemerdekaan adalah Anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan hasil Perjuangan Bangsa Indonesia, tapi pendapat kawan saya Insan Kamil tadi selalu saya ingat sampai sekarang....sudah 20 tahun tak bertemu dimana kini kau berada ????

0 komentar:

Posting Komentar